Threading-Part-2

Dalam sebuah pemrograman yang berbasis concurrency, terdapat dua unit dasar eksekusi yaitu process dan thread. Process dilihat secara identik dengan sebuah program atau aplikasi karena umumnya mempunyai  execution environment dan alokasi memori sendiri. Sedangkan thread kadangkala disebut sebagai sebuah lightweight processes (proses yang ringan). Baik proses dan thread menyediakan execution environment sendiri, tetapi untuk membuat sebuah thread diperlukan jumlah resource yang lebih sedikit dibandingkan dengan proses. Setiap proses memiliki setidaknya satu buah thread. 

Salah satu keuntungan dari penggunaan thread adalah meningkatkan kinerja terhadap sebuah aplikasi atau sistem yang kompleks. Terutama jika ditanam pada sebuah mesin yang memiliki multi core processor. Pada sebuah komputer yang mempunyai jumlah core processor lebih dari satu dapat mendukung multitasking dan multithreading.

Multitasking berkaitan dengan kemampuan sebuah komputer untuk melalukan multiple job yang dapat menjalankan program secara concurrency (bersamaan).

Salah satu contoh dari penggunaan dari sebuah thread adalah pada Graphical User Interface (GUI) pada sistem operasi dimana kita bisa menjalankan aplikasi office, dan pada bersamaan kita dapat memutar aplikasi pemutar musik, dll.

Sedangkan pada sebuah sistem terdistribusi, pemanfaat sebuah threading yaitu pada asynchronous processing seperti  Web Service (SOAP dan REST), Remote Method Invocation (RMI), AJAX, dan lain-lain

Referensi :
http://docs.oracle.com/javase/tutorial/essential/concurrency/index.html
http://www.slideshare.net/2011sanity/java-threads-2-ed-oreilly
http://www.slideshare.net/technolamp/java-multi-threading

Link Kelompok :
Aprilina Putri : Threading Part 1
Fadhlanullah Sidiq : Client – Server
Priyanti Kusuma Sari : Agent Part 1
Yanizar Dwi : Agent Part 2

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment